KOPRI Komisariat Al-Kamal Adakan Sekolah Islam Gender (SIG) untuk Pertamakalinya

Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri (KOPRI) Komisariat Al-Kamal Sarang mengadakan kegiatan Sekolah Islam Gender (SIG). Kegiatan SIG yang pertama kali diadakan di Rembang tersebut diikuti sebanyak 15 orang, yang berlangsung di PP Krajan Arum Al-falah, Desa Lodan, Kec. Sarang, Kab. Rembang, Jawa Tengah, Malam hari (26/3).

Dalam sambutannya, Ketua KOPRI Komisariat Al-Kamal Nur Rohmah Anisatul Alni mengatakan, KOPRI mempunyai tanggung jawab dalam mencetak kader-kader yang berkualitas. Kualitas itu berupa intelektualitas, kemampuan dan kreatifitas yang harus dimiliki para kader, sesuai yang dicita-citakan organisasi.

"Mengikuti Sekolah Islam Gender, juga dengan aktif di organisasi KOPRI ini diharapkan jadi ruang pendidikan dan ruang belajar, agar masing-masing individu selalu siap ketika menghadapi kehidupan di masyarakat,” terang Alni sapaanya.

Melalui kegiatan SIG Tahun 2021 yang pertama di Komisariat ini, lanjut Alni, diharapkan dapat memberikan penyadaran bahwa pemahaman Islam dan gender sangat dibutuhkan oleh anggota PMII.

Senada dengan Siti Rohana, mewakili Ketua PC PMII Rembang menyampaikan, para perempuan hari ini sudah semestinya ikut andil peran penting. “Sangatlah penting bagi kader PMII untuk turut membangun, mewujudkan dan mempromosikan keadilan gender melalui kebijakan, budaya dan bentuk program yang terimplementasikan di kampus maupun di setiap sudut sekitar masyarakat, bahwa wanita itu tidak harus menyaingi laki-laki tetapi untuk memperbaiki keturunan" terang Rohana.

SIG ini juga merupakan salah satu bentuk kaderisasi formal yang harus ditempuh oleh kader-kader PMII, khususnya para kader perempuan. Dengan demikian, setelah dilaksanakanya SIG ini, para kader penerus diharapkan siap untuk menjalankan dan mengembangkan organisasi PMII dan KOPRI sebagai salah satu elemen organisasi mahasiswa yang mempunyai peranan penting bagi perkembangan Bangsa Indonesia.

Penulis : Habibur Rohman

Editor : Asnal Masyawi

0 Komentar