Sejarah PMII Komisariat Al-Kamal

 

Cikal Bakal Komisariat Al-Kamal

Berdirinya Komisariat Al-Kamal tidak terpaut lama sejak didirikannya Cabang PMII Rembang. Masih di tahun yang sama, yaitu pada tahun 2012 pada masa kepemimpinan sahabat Muhammad Widad Ketua Cabang PMII Rembang pertama. Pada saat itu para anggota PMII Rembang yang baru usai melaksanakan Mapaba dikumpulkan dan dilaksanakan musyawarah. Dalam musyawarah itu diputuskan untuk mendirikan Komisariat Al-Kamal dengan ditunjuknya sahabat Afif sebagai ketua komisariat. 

Transisi Kepemimpinan

Dengan seiring berjalannya waktu, periode kepemimpinan Komisariat Al-Kamal yang pertama mengalami vacum. Karena pengurus komisariat yang vacum, dilaksanakanlah RTK yang kedua dengan jalur musyawarah. Dalam RTK tersebut diputuskanlah sahabat M. Ainur Rofiq menjadi ketua komisariat.

Pada tahun 2015 sahabat Rofiq naik menjadi ketua cabang PMII Rembang menggantikan sahabat Widad yang memimpin PC PMII Rembang kurang lebih selama 3 tahun. Dengan naiknya sahabat Rofiq ke cabang, dilaksanakanlah RTK kembali melalui musyawarah. Sahabat Ahmad Royani terpilih menjadi ketua komisariat ke-3. Akan tetapi, kepengurusan mengalami vacum kembali, sehingga untuk sementara waktu roda kepemimpinan komisariat dipegang kembali oleh sahabat Rofiq merangkap sebagai ketua cabang.

Rangkap jabatan tersebut tidak berlangsung lama. Sahabat Vicky Nasrullah terpilih menjadi ketua komisariat periode 2016/2018. Selama dua tahun tersebut, kader komisariat Al-Kamal lambat laun mulai bertambah. Hingga pada tahun 2018 sahabat M. Minanurrochman terpilih menjadi ketua komisariat. Pada tahun 2018 dilaksanakan Mapaba untuk kedua kalinya setelah sekian lama dari Mapaba yang pertama dilaksanakan pada tahun 2014. Sebelumnya Mapaba sendiri dilaksanakan oleh cabang karena keterbatasan jumlah SDM pada waktu itu.

Komisariat Al-Kamal Menuju Kematangan

Pada masa kepemimpinan sahabat M. Minanurrochman tanda-tanda kematangan pada Komisariat Al-Kamal mulai terlihat. Dalam segi administrasi dan kegiatan dilakukan penataan sedemikian rupa. Hingga pada 28 Juli 2019 dilaksanakanlah RTK sesuai prosedural yaitu melalui tahap-tahap persidangan. Akhirnya sahabat M. Irvan Nafis Fuady terpilih secara resmi menjadi ketua Komisariat Al-Kamal periode 2019-2020.

Tentunya dengan jumlah kader yang sudah cukup banyak dan kader militan yang mulai tumbuh menjadikan roda organisasi dapat bergerak sebagaimana mestinya. Mulai banyak dilaksanakan kegiatan kaderisasi baik kaderisasi formal, non formal dan informal. 

Komisariat Al-Kamal Menuju Kemajuan

Roda-roda organisasi Komisariat Al-Kamal kian berputar kencang. Pada tahun 2019, dilaksanakan Mapaba hingga 2 gelombang yang melahirkan 31 kader baru. Pada tahun 2020, untuk pertama kalinya komisariat Al-Kamal mampu melaksanakan PKD mandiri. Setelah dirasa kader Komisariat Al-Kamal semakin banyak, pada tanggal 24 Oktober 2020 dideklarasikanlah dua rayon persiapan yaitu Rayon Nyi Ageng Maloka dari Fakultas Tarbiyah dan Rayon Pangeran Wiranegara dari Fakultas Syariah.

Saat ini, Komisariat Al-Kamal dipimpin oleh sahabat Ali Yusni sebagai ketua komisariat periode 2020/2021. Dinamika pergerakan terus mengalami perkembangan pesat, apalagi saat ini sudah terdapat dua rayon. Bahkan pada 26 Maret 2021 lalu KOPRI Al-Kamal melaksanakan SIG untuk pertama kalinya di Rembang.

Semoga Komisariat Al-Kamal terus berkembang pesat dan manfaatnya dapat kian terasa bagi para anggota pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Salam Pergerakan!

Penulis : Asnal Masyawi

Narasumber : Muhammad Widad, M. Ainur Rofiq, M. Minanurrochman

1 Komentar