Keragaman Berorganisasi


Oleh : Abdurrahim Hakim

Kita adalah seorang makhluk yang diciptakan oleh tuhan dengan dengan beragam kreatifitas dan inovasitas tersendiri, dibekali dengan 2 mata untuk melihat, 2 tangan untuk memegang, 2 kaki untuk berjalan, 2 telinga untuk mendengar dan juga dibekali oleh pikiran dan jiwa pemikiran yang luas, sungguh nikmat bukan wajib kita syukuri dan kita banggakan. Kita sebagai makhluk sosial tidak dapat menjalankan suatu kehidupan dengan keadaan menyendiri atau jauh dari keramaian karena kita sebagai makhluk sosial membutuhkan bantuan dan berinterksi dengan sebanyak mungkin dengan orang agar menjalin persahabatan antar sesama makhluk sosial.

Seperti hal-nya dalam organisasi didalam organisasi kita akan mengenal tentang keseluruhan apa itu organisasi mulai dari pengertian hingga dijabarkan sampai struktur bagian-bagian beserta tugas dalam organisasi tersebut, didalam organisasi kita akan mudah dan leluasa menemukan orang yang haus akan persahabatan, kepemimpinan, ilmu, dan masih banyak lagi yang bisa kita ambil dan kita dapati bahkan juga kita pelajari didalam sebuah organisasi yang kita ikuti sebagai makhluk sosial yang ingin hidup berdampingan dan membutuhkan bantuan satu sama lain.

Berbicara mengenai sebuah organisasi ialah satu kesatuan dalam sebuah perkumpulan yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi harus memiliki arah tujuan yang jelas bilamana suatu organisasi tidak memiliki tujuan maka buat apa suatu kelompok bekerjasama mendirikan suatau organisasi. Contohnya PMII, organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia lahir karena suatu kebutuhan untuk menjawab tantangan zaman, berdiri di Indonesia dengan adanya hasrat yang kuat dari mahasiswa NU untuk mendirikan organisasi berideologi Ahlusunnah Waljama’ah.

Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam  Indonesia memiliki tujuan dan arah yang jelas yaitu “Terbentuknya pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah swt, berbudi luhur, berilmu, cakap dan  bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya, dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia” bisa disimpulkan dan diartikan bertujuan untuk menekankan nilai keislaman dan keindonesiaan. Untuk berkomitmen atau ingin menjadi bagian di PMII sangatlah mudah dan menyenangkan, mulai dari ditanamkan nilai-nilai ideologi yang diberikan oleh senior-senior kepada sahabat/i pada perekrutan anggota baru dan itu sangatlah wajib karena apa, agar kita bisa berfikir kritis dalam menanggapi suatu masalah dan berani ketika berdiskusi untuk menyampaikan pendapat kita mengenai masalah tersebut.

Bila ingin mengetahui tentang lebih lanjut apa itu PMII tidak hanya sekedar browsing atau sejenisnya ikutilah mapaba-mapaba PMII dikota-kota diseluruh Indonesia misalnya di Rembang yang terbagi menjadi beberapa rayon dalam satu wadah PMII REMBANG, semoga suatu saat PMII di Rembang ini bisa mengepakkan sayapnya lebar-lebar dan terbang setinggi-tingginya demgan membawa sebuah cerita yang membanggakan untuk diceritakan dan dikenang oleh calon-calon sahabat-sahabati sekalian, maju dan berjuang.

SALAM PERGERAKAN!!!

(Penulis merupakan kader PMII Komisariat Al-Hidayat Lasem)

0 Komentar