Ratusan Santri Putri Ikuti Mapaba PMII Al-Anwar

Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat Al-Anwar Sarang Rembang laksanakan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) anggota putri untuk pertama kalinya. Kegiatan pengkaderan ini diikuti oleh 107 kader putri di Gedung Maimoen Zubair, Kec. Sarang, Kab. Rembang, Selasa-Jum'at (30 Mei - 2 Juni 2023)

Kegiatan Mapaba ini dibuka dengan Stadium General dengan pembicara Wakil Bupati Rembang Gus Hanies Cholil Barro' dan Kepala Bapeda Rembang Gus Affan. Turut hadir pula Mabinkom PK PMII Al-Anwar Gus Huda dan Gus Ferhadz, serta Ketua PC PMII Rembang M. Faridz Nur Azmi.

Ahmad Thoriq Satyagraha Irenkha selaku ketua pelaksana kegiatan mengutarakan latar belakang kegiatan ini dilaksanakan.

"Kami melihat sosok Babah Ghofur dan Mamah Nadia sebagai teladan dalam membumikan teori sosial pada banyak hal, salah satu contohnya Mamah Nadia membuat Bank Sampah untuk menanggulangi pencemaran lingkungan akibat sampah. Sementara program ini masih dalam lingkup pesantren, itupun masih belum maksimal. Itu salah satu contoh cara beliau membumikan teori sosial. Harapan kami membuka mapaba putri ini, bisa mengawal sprit Babah dan Mamah dalam membumikan teori sosial tidak hanya di kancah pesantren namun lebih luas dari itu," terangnya.

Taufikur Rahman selaku Ketua Komisariat PMII Al-Anwar menjelaskan tujuan dan harapannya pada Mapaba kali ini.

"Tujuan mapaba ini untuk menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan sama-sama berhak mendapatkan ilmu pengetahuan intelektual organik di PMII. Harapan besar kami kedepannya kader-kader putri PMII Al-Anwar dapat membantu dan mengawal program-program pengasuh pondok pesantren 3 terkait ilmu sosial," jelasnya.

Gus Nur Huda, M.H. selaku sekretaris Mabinkom menuturkan bahwa PMII Al-Anwar memiliki paradigma yang berbeda.

"Bahwa di PMII di Al-Anwar memiliki sudut pandang yang berbeda. Tidak hanya berparadigma kritis taransformatif tapi juga bernuansa akhlak karena berbasis kepesantrenan," tuturnya.

"PMII Al-Anwar memiliki ciri khas sendiri, tidak hanya turun ke jalan, tetapi memiliki ide-ide yang lain, khususnya dalam hal kepesantrenan. Kita tidak bisa sama dengan PMII yang lain, tentunya bisa saling mengisi," imbuhnya.

Mapaba ke-4 yang diselenggarakan Komisariat Al-Anwar ini dikhususkan untuk merekrut anggota putri guna menjaga kultur pesantrennya. Beberapa bulan sebelumnya telah dilaksanakan perekrutan khusus putra di MA YSPIS Sedan yang diikuti kurang lebih 60 peserta.

Kontribur : Asnal Masyawi

0 Komentar