19 Pengurus PWI Kabupaten Resmi Dilantik Usai Penentuan Hasil Konfercab


19 pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rembang resmi dilantik. (Doc. pmiirembang.or.id/Ayu Lestari)

REMBANG, pmiirembang.or.id – Sebanyak 19 pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rembang dilantik pada Rabu (1/11/2023) sore ini melalui hasil Konfercab (Konferensi Cabang).

Pelantikan pengurus ini dilakukan secara langsung oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi, Isdiyanto Isman di Pendopo Museum Raden Ayu Kartini Kabupaten Rembang.

Pasca musyarawah pemilihan konfercab, Musyafa Musa kembali dipercaya memimpin keberlangsungan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kabupaten Rembang.

Dilansir dari laman rembangkab.go.id, Musyafa, selaku Ketua PWI Rembang sebelumnya juga terpilih di periode 2021- 2023.

Karena kinerja selama tiga tahun sebelumnya dirasa baik, Musyafa Musa diamanahkan kembali menjadi Ketua PWI Rembang masa bakti 2023-2026.

Ia menyampaikan rasa syukur lantaran telah dipercaya untuk meanhkodai di bawah naungan PWI Kabupaten Rembang.

"Berbicara tentang dunia pers di Rembang sudah berjalan dengan baik, termasuk kerjasama dan komunikasi dengan para mitra. Antara fungsi hiburan, fungsi sarana informasi , kontrol sosial dan pendidikan sudah bisa berjalan beriringan, satu sama lain saling melengkapi, " jawabnya.

Uniknya, di masa periode ini, PWI Rembang ini mendapatkan empat personil baru yang turut andil dalam mengikuti masa orientasi PWI di sesi awal Konferensi.

Selain itu, pria yang akrab disapa Musa juga mengutarakan permohonan maaf apabila selama kepemimpinan tiga tahun sebelumnya terjadi perselisihan karena pemilihan kata dalam berita yang tak mengenakkan hati narasumber. Ia memberikan penjelasan jika berita yang sifatnya mengkontrol lajunya sosial masyarakat tidak akan mengurangi rasa cinta kepada Kota Garam ini.

"Saya ingin cerita sedikit bahwa Pak Bupati dan Wakil Bupati cukup responsif dan cepat ketika ada konfirmasi dari teman- teman. Termasuk isu- isu sensitif sekalipun beliau berdua masih bersedia untuk menanggapi, tepuk tangan untuk pak Bupati dan Wakil bupati, " tegasnya.

Isdiyanto Isman, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jawa Tengah mengatakan dalam paradigma PWI Provinsi Jawa Tengah , progresifitas dari PWI Rembang terbilang sangat bagus. Dan tidak dapat dipungkiri, selama ini dapat merealisasikan program kerja dengan kerjasama semua pihak.

"Alhamdulillah, untuk komunikasi sampai saat ini masih terjalin sangat baik antara pwi rembang dengan mitra. Begitupun komunikasi dengan PWI Jateng, setiap kegiatan PWI Jateng, dari PWI Kabupaten Rembang selalu hadir dan saling mendukung satu sama lain," tandas Isman.

Disamping itu, Isman berharap PWI Rembang terus mempertahankan silaturahmi yang baik dengan Bupati, Wakil Bupati dan jajaran termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Pasalnya program- program yang dibuat pasti untuk kemaslahatan masyarakat. 

"Harapan saya salah satunya ialah bagaimana caranya Pengurus PWI Kabupaten Rembang tetap mempererat tali silaturahmi dengan pihak terkait, karena hal tersebut juga berimbas bagi kemanfaatan bersama khususnya bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Bupati Rembang Abdul Hafidz membenarkan apa yang disampaikan Musa, bahwa Pemkab (Pemerintah Kabupaten) selalu terbuka kepada awak media. Komunikasi selalu dibangun dengan PWI namun tidak ada unsur intervensi. 

"Apapun yang menjadi kebijakan dan pelaksanaan program dari pemerintah kabupaten Rembang tidak ada yang lepas dari kontrol rekan- rekan wartawan. Jadi kalau ada rekan wartawan tanya ini dan itu kita jawab apa adanya," pungkasnya.


Penulis : Ayu Lestari 






0 Komentar