Beri Konsep Diskusi Pinggiran, PMII Al-Hidayat Lasem Adakan Pra RTL Perdana

 


Suasana diskusi pinggiran pengurus Komisariat Al-Hidayat Lasem membersamai kader pasca Mapaba ke-III. (Doc. PMII Al-Hidayat Lasem).

REMBANG, pmiirembang.or.id - Setelah Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA), Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Al-Hidayat Lasem melakukan kegiatan Pra Rencana Tindak Lanjut (RTL) di basecamp Komisariat Al-Hidayat, Tridaya Karla Lasem pada, Minggu (12/11/2023).

Diskusi pinggiran dimulai dari pukul 16.00 sampai 18.00 WIB serta diikuti sebanyak 17 peserta pasca Mapaba. 

Rencana Tindak Lanjut (RTL) ini diselenggarakan supaya kader dapat menganalisis isu maupun konflik dengan cara yang benar.

Luklu'ul Hisbiyah, Ketua Kopri PMII Al-Hidayat Lasem mengaku jika pra RTL ini digencarkan guna menindaklanjuti diskusi lanjutan saat Mapaba kemarin.

"Tema diskusi pra RTL tadi membahas bagaimana kami bisa dengan tepat dalam menganalisis sebuah isu, isu kan bisa diartikan kabar angin, masalah atau peristiwa yang belum tentu kebenarannya. Nah isu sendiri itu pasti ada pro dan kontra, maka dari itu sebelum menganalisis harus mencari data agar kevalidannya terjamin," ujar Luluk.

Luluk juga mengatakan, hasil dari pra RTL ini akan diadakan diskusi ilmiah yang hasilnya akan disajikan pada Kamis sore.

"Intinya pengurus komisariat ingin peserta dapat menjalankan diskusi dan tahu cara menganalisis sebuah isu, dan beragumentasi dengan referensi yang beraneka ragam dan tentunya valid," jawabnya.

Disamping itu, Iman Aqimudin selaku Wakil Ketua Bidang kaderisasi menambahkan, langkah setelah agenda tersebut akan diadakan RTL tentang bagaimana seorang kader mu'taqid dalam menganalisis sebuah isu, dimana nanti kabar burung tersebut dikemas selayaknya terdapat kubu pro dan kontra.

"Terkait tema nanti panitia yang menentukan, lantaran kami melihat bahwa kader Al-Hidayat dapat meluangkan waktu hanya di hari Sabtu dan Minggu, jadi kami menyepakati di salah satu hari tersebut dapat mengikuti kegiatan PMII," tandasnya.

Hasil dari pra RTL, sahabat Lucky ditunjuk sebagai ketua angkatan dan diamanatkan untuk mengkoordinir kader yang lain.

"Untuk RTL, kami lakukan sebanyak tiga kali, untuk kali pertamanya, saya berikan kesempatan untuk anggota menentukan tema, setelah itu baru dari pengurus komisariat mengatur RTL kedua dan ketiga, dan insyaallah RTL pertama dilaksanakan tanggal 16 November," ujar Iman.

M. Misbahul Munir, Mantan Majelis Pembina Komisariat (Mabinkom) PMII Al-Hidayat Lasem menerangkan tentang isu dan konflik secara teoritis.

"Isu itu terbagi dua yakni isu kritikal, isu aktual. Konflik itu ada tiga antara lain konflik laten, konflik terbuka, dan konflik permukaan," pungkas Munir.

Diskusi yang dipimpin oleh Munir berjalan dengan mulus serta menghasilkan suatu pemahaman bagi kader tentang menganalisis isu dan konflik dengan baik dan benar.


Penulis: Ayu Lestari 






0 Komentar