Pembukaan Kongres PMII XXI: Abdullah Syukri Ucapkan Permintaan Maaf




pmiirembang.or.id - Pembukaan Kongres PMII ke-XXI sangat meriah yang digelar tepatnya di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan dengan tema "Bersama Menangkan Indonesia, Memimpin Peradaban Dunia."Jumat (9/8/2024).

Dalam sambutannya, M. Abdullah Syukri mengucapkan permohonan maaf kepada para kader PMII selama menjabat sebagai Ketua Umum PB PMII masih ada beberapa kekurangan.

"Ini menjadi momen terakhir saya berpidato di panggung tertinggi di forum Kongres PMII ke 21 ini. Tak lupa saya ingin memohon maaf apabila selama 3,5 tahun saya memimpin terdapat kekurangan. Serta saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu saya dengan cara apapun," ucap Gus Abe, Ketua Umum PB PMII masa khidmat 2021-2024, Jumat (9/8/2024).

Dalam heroik sambutannya, Sahabat Abe memberikan beberapa pesan kepada para kader, khususnya dalam meningkatkan rasa percaya diri.

" Penguasa yang berkelindan di ruang lingkup kapital semakin meminggirkan kepentingan umat dan rakyat. Kader pergerakan harus percaya diri untuk memimpin NKRI," tutur Abdullah Syukri.

Abdullah Syukri atau kerap dipanggil Tum Abe ini mengaku jika PMII tidak mempunyai keefektifan dalam kesejahteraan berupa materiil, namun lewat confident value sudah barang tentu menjadi titik awal untuk menjadi pemimpin di kemudian hari.

"Kita memang tidak punya uang, dan ruang kekuasaan kita cukup terbatas. Namun sebagai contohnya, Muhaimin Iskandar memberikan banyak pelajaran kepada kita bagaimana kemudian kader PMII bisa percaya diri untuk menjadi seorang pemimpin di negeri tercinta ini," tegasnya.

Ia juga menuturkan jika sahabat Muhaimin Iskandar menjadi salah satu inspirator untuk dijadikan sebagai role model pemimpin dari PMII.

"Siapapun yang engkau hadapi dan apapun situasi yang engkau alami. Saya pastika jutaan kader PMII berdiri di belakang sahabat Muhaimin Iskandar," jawabnya.

Jadilah pemimpin masa depan yang lahir dari PMII usia saya sekarang 32 tahun. 16 tahun saya ber-PMII setengah usia telah saya habiskan untuk berproses di PMII. Harapan saya menghasilkan sebuah rekomendasi di Kongres PMII dan tentunya setelah ini akan terpilih ketua umum yang lebih baik dan lebih progresif 2021-2024," lanjut Tum Abe.

Eva Setyaningrum, Ketua Kopri Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Rembang menyampaikan apresiasi penuh atas terselenggaranya Kongres PMII ke-XXI.

"Saya sangat bersyukur, dan bangga dapat memijakkan kaki di Pulau Sumatera yang sangat indah ini. Dengan begitu kami dengan rombongan kader PMII se Rembang dapat mengikuti secara khidmat dan lancar," tandas Eva, Sabtu (10/8/2024).

Tentunya banyak beberapa bekal yang Eva Setyaningrum bawa dari apresiasi kader Rembang yang menjadi sebuah harapan untuk dapat merekomendasikan aspirasi dan bakal calon ketua umum yang lebih baik dalam menahkodai PMII.

"Intinya kami selaku pengurus cabang ingin memberikan yang terbaik khususnya bagi beberapa aspirasi yang saya rasa bagus untuk direkomendasikan atau didiskusikan saat pleno nanti," pungkasnya.

Pembukaan dimulai dengan suguhan tarian tradisional khas Palembang, Zapin Roda yang menggambarkan keagungan dan rasa syukur berupa pujian kepada Baginda Rasulullah SAW.

Tamu undangan yang hadir di acara Kongres PMII ke XXI diantaranya Menteri Koordinator Politik ( Marsekal TNI Purn Hadi Tjahjanto),  Menteri Ketenagakerjaan (Ida Fauziyah), Wakil Menteri Agama (Syaiful Ramban Dasuki), Kapolri (Listyo Sigit Prabowo), Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, Majelis Pembina Nasional (Muhaimin Iskandar), dan Ketua Umum PB PMII, sahabat Abdullah Syukri.

Di sela tamu undangan yang telah menduduki tempat yang telah disediakan panitia, pertunjukan Tari Ganding Sriwijaya menjadi pemanis dari rentetan pembukaan Kongres PMII ke-XXI. Diketahui sejumlah 296 cabang PMII dari 30 wilayah se Nusantara. Setelah pembukaan berlangsung beberapa menit, pihak panitia menampilkan profil sejarah PMII dari tahun ke tahun yang lahir dari rahim NU.


Penulis : Ayu Lestari

0 Komentar